Sunday 27 December 2015

Jenis – Jenis Virus Paling Ganas versi Dunia IT

Jenis Virus Paling Ganas
Assalamualaikum Wr. Wb.

Jenis Virus Paling Ganas


Saat ini beragam jenis virus ganas sedang menjaring dalam dunia teknologi. Kita dapat menjumpainya di berbagi tempat yang sering kita lalui.
Berikut ini akan saya uraikan beberapa jenis virus paling ganas versi Dunia IT

Stuxnet
Bisa dikatakan stuxnet ini merupakan salah satu dari jenis virus ganas yang terbilang cukup heboh dikarenakan efeknya akan cukup nyata terlihat. Kerjanya dengan menguras habis space harddisk si korban sehingga akan menampilkan sebuah peringatan di desktop berupa “Low Disk Space” dengan kata lain “Space Harddisk sudah rendah”. Ini disebabkan karena Stuxnet memproduksi file – file sampah dalam ukuran yang besar dan secara otomatis akan terus meningkat.

Ramnit
Rekor yang pernah diraihnya bisa dibilang telah mengalahkan virus Sality, yaitu sebagai sebuah virus yang telah menjadi juara dari virus pada tahun 2011 lalu. Namun peran virus Ramnit ini juga terbilang sama dengan Sality, hingga kini mungkin telah banyak komputer yang sudah terjangkit virus ini.

Webmoner
Cara kerja virus Webmoner ini tercatat hampir sama kemiripannya dengan virus Ramnit, yaitu berupaya dengan membuat 4 file shortcut, namun file virus yang jadi pemicunya ini ber extensi .sys yaitu (mso.sys).

FontAgent
Virus ini pula mempunyai cara membuat file shortcut, tapi hanyasanya file virus sebagai pemacunya berupa extensi .fon (file font) , misalnya setup10032.fon maupun error42.fon.

Kolab
Virus ini merupakan salah satu dari banyaknya virus Facebok Chat yang super heboh dikarenakan dia mempunyai kemampuan untuk metamorphic. Cara kerjanya dengan menyebarkan malware melalui Facebook Chat, ya walaupun dengan nama dan ukuran yang sama, tetapi Kolab mempunyai jenis algoritma hash berbeda. Dan juga Kolab juga memanipulasi URL atau dengan istilah Fake URL, nantinya seakan – akan si korban mengunduh file gambar yang padahal itu merupakan virus.

FakeAV
Virus ini bekerja dengan cra mengelabui si korban dengan seolah – olah menawarkan aplikasi keamanan (berupa Anti Virus palsu) dengan cara membuat notifikasi serta pesan – pesan yang bahwa computer tersebut sudah terinfeksi virus dan mengimplementasikan untuk mengaktifkan Anti Virus tersebut dengan cara pembayaran online.

Slugin
Cara kerjanya yaitu dengan mengirimkan dan menyebarkan sekumpulan pesan spam yang dimanfaatkan melalui media Email si korban yang komputernya sudah terinfeksi virus Slugin ini. Setelah dulu ada jenis virus yang sama yaitu Virut, maka kini ada Slugin.

BitCoinMiner/DorkBot
Virus ini merupakan salah satu dari Trojan Zbot yang bisa dijadikan sebagai ajang pencari uang yang terbukti handal. BitCoinMiner ini sendiri terbilang mempunyai 2 buah varian virus. Pertama yang menggunakan icon abjad dalam file virus gunanya sebagai penyebar. Kedua dengan menggunakan metode seperti Kolab, yaitu menyebarkan virus melalui Facebook Chat. Dengan icon biasanya berupa Wanita seksi sebagai penarik perhatian.

MacSecurity
Virus ini juga terbilang cukup polpuler kehebohannya dikarenakan dia mempunyai 5 varian virus, yaitu MacProtector, MacDefender, MacSecurity, MacShield, MacGuard. Cara kerjanya hampir sama seperti FakeAV.

Virus Android

Cara kerja virus ini dengan menggantikan peran daripada Windows Mobile. Diantara banyaknya aplikasi Android yang beredar, banyak juga didalamnya virus jejadian.

Nah hanya itu saja beberapa jenis virus paling ganas yang pernah Dunia IT temukan.

Pahamkan Sobat? Kalau kurang paham, tanyakan di komentar maupun di Fanspage saya.
Semoga Bermanfaat (^_^)
Load disqus comments

0 komentar

loading...
close
close