Saturday 5 December 2015

Bahaya Melepas Baterai Laptop

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai Sobat semua, apa kabar pada hari ini, jangan lupa makan dan istirahat ya Sobat, hehe…
Kembali lagi saya hari ini dengan berbagai info yang harus sobat tahu, mengenai kepentingan dalam beraktifitas sehari – hari, meskipun ini sepele, tapi tak salahnya juga sobat perlu memperhatikannya, karena hal sepele bisa jadi masalah yang besar. Tentunya Sobat tidak ingin kan hal itu terjadi pada kalian. Ya sudah saya cukupkan basa – basinya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan info tentang bahayanya menyalakan Laptop tanpa menggunakan baterai beserta dengan resiko – resikonya. Padahal Laptop sudah dirancang sedemikian rupa dengan sempurnanya ditambahkan baterai, gunanya juga bukan untuk sembarangan, dengan adanya baterai juga akan terhindar dari berbagai macam hal.

Baterai pada laptop akan bertahan kira – kira 2 jam lamanya. Dan membiarkan dia terus terhubung dengan adapter listrik tanpa melepaskannya tidak akan berpengaruh pada kerusakannya. Karena baterai laptop sudah diprogam saat daya sudah terisi penuh atau 100% charged. Maka baterai akan berhenti menerima supply energy dari adapter, dan langsung akan di alihkan kepada power supply laptop.

Menyalakan Laptop tanpa baterai juga bukan solusi yang tepat untuk mempertahankan ke awetan baterai, justru dengan tanpa baterai akan menyebabkan resiko yang sangat fatal. Dengan listrik yang terus mengalir ke dalam laptop, tanpa baterai maka sama saja tidak ada perantara arus yang menahannya.

Dampak negative yang bisa terjadi dengan menyalakan laptop tanpa baterai yaitu:
  • Apabila listrik sedang tidak stabil, dan arusnya langsung mengalir ke MotherBoard laptop maka yang menjadi resikonya yaitu MotherBoard Sobat. Bagusnya kan ada baterai dulu yang akan menstabilkan arus.
  • Juga saat listrik tiba – tiba mati mendadak. Maka akan berdampak pada Software ataupun Hardware dan juga pada RAM dan Processor sobat. Tidak mau kan dengan hal tersebut, Sobat akan kehilangan perangkat yang penting, pilih mana antara Baterai atau Hardware sobat???
Melepas baterai dari laptop juga ada saatnya, Misalnya saat kita tidak memakainya lebih dari 3 hari, untuk menghindari pengembunan baterai, ada baiknya kita lepaskan. Dan juga saat suhu laptop yang sudah terlalu panas, bisa jadi ketika kita main Game, ataupun saat melakukan suatu pekerjaan yang memberatkan laptop, itu boleh saja melepaskan baterainya untuk menghindari panas berlebihan yang menimpa pada baterai. Tapi kalau untuk pemakaian biasa, ada baiknya jangan pernah melepaskan baterai dari perangkat laptop.

Pahamkan Sobat? Kalau kurang paham, tanyakan di komentar maupun di Fanspage saya.
Semoga Bermanfaat (^_^)
Load disqus comments

0 komentar

loading...
close
close