Friday 20 November 2015

Penyebab Kerusakan Hard Disk Komputer

Assalamualikum Wr. Wb.

Kembali lagi kali ini saya akan membagikan beberapa info kepada Sobat Blogger, supaya lebih berhati-hati dalam hal merawat dan menjaga ke utuhan Hard Disk Sobat, Faktor-faktor penyebab Kerusakan Hard disk Komputer yang patut Sobat waspadai untuk menjaga hard disk tetap awet dan tahan lama. Mau tahu?

Hard disk merupakan bagian vital dari komputer atau laptop. Bagian yang mempunyai fungsi utama untuk menyimpan data-data komputer. Hard disk ibarat gudang penyimpanan di pabrik. Tanpa gudang penyimpanan ini tentu pasokan bahan baku maupun bahan jadi tidak memiliki ruang sehingga pabrik tidak akan bisa beroperasi tanpanya.

Melihat fungsi vital ini tentu kita harus merawatnya dengan baik agar hard disk lebih awet dan tahan lama sehingga hardisk tidak mudah rusak. Untuk itulah harus kita ketahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada hard disk.

Faktor-faktor penyebab Kerusakan Hard disk Komputer yaitu:

1. Faktor usia hard disk
Usia hard disk yang telah lama merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan hard disk. Hal ini sudah dapat dimaklumi. Namun, dengan perawatan yang tepat, hard disk Sobat akan lebih awet bahkan bisa kita wariskan kelak kepada anak dan cucu hehe.

2. Over Heat
Panas yang berlebihan dapat memicu kerusakan hard disk. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir semua peralatan listrik mengalami efek samping terjadinya panas sebagai akibat dari perubahan energi listrik. Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan pendingin tambahan pada hard disk. Harganya di pasaran pun relatif murah, kurang lebih hanya 15 ribu rupiah.

3. Jatuh atau terbentur
Terkadang tiba-tiba saja laptop kita jatuh atau hard disk yang kita bawa terbentur benda-benda keras lain saat melakukan pemindahan hard disk. Untuk menghindari hal ini Anda dapat membawa laptop menggunakan tas yang aman, atau saat memindahkan hard disk sebisa mungkin menghindari guncangan.

4. Shutdown tidak sesuai prosedur
Mematikan komputer dengan langsung mencabutnya dari steker dapat berakibat fatal untuk kondisi hard disk. Jadi pastikan Anda mematikan komputer dengan prosedur shutdown yang tepat.

5. Aktifitas Hard disk Berlebihan
Terlalu sering bermain game, memutar musik dan video berlama-lama dapat mengganggu kesehatan hard disk. Setidaknya Anda harus bijak dalam menggunakan komputer atau laptop.

6. Sering listrik padam dan listrik turun naik tidak stabil
Seringnya listrik padam yang mengakibatkan komputer mati mendadak dapat menyebabkan kerusakan hard disk. Jadi jika di daerah Anda listrik tidak normal silakan gunakan pengaman tegangan seperti UPS dan stavolt.

7. Membawa laptop dalam kondisi menyala
Saat latop dalam kondisi standby atau hibernate disarankan untuk tidak membwa laptop kemana-mana karena beresiko terkena guncangan berlebihan.

8. Terlalu Sering atau Tidak Sama Sekali Melakukan Defrag
Tujuan defrag adalah untuk melakukan perawatan hard disk, namun jika berlebihan melakukannya dapat menyebabkan bad sector pada hard disk. Di sarankan melakukannya 2-3 bulan sekali saja.

9. Hard disk Tidak di Rawat
File-file sampah seharusnya dibuang. File yang tidak tersusun rapi menyebabkan file saling menimpa dan head hardisk membaca dengan acak sebab susunan file tidak rapi. Hal ini dapat menyebabkan bad sector.

10. Sering melakukan instal dan uninstal program

Terlalu sering melakukan penginstalan program maupun uninstal program pada komputer dapat menyebabkan hard disk mudah mengalami bad sector. Begitu juga terlalu over melakukan instal ulang.

Begitulah Sobat akibatnya dari faktor-faktor di atas, semoga dapat di ambil hikmahnya,, ah kayak ceramah agama saja (^_^) ,
Terima kasih sudah berkunjung, 
Semoga Bermanfaat (^_^)
Load disqus comments

0 komentar

loading...
close
close