Wednesday 25 November 2015

Optimalkan Kecepatan Windows 7 Dengan ReadyBoost

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sistem Operasi seperti Windows 7 tentu tidak sedikit memakan Resource memori atau RAM. Untuk Komputer dengan spesifikasi tinggi tentu tidak bingung karena Resource melimpah. Tapi bagaiamana dengan user yang memiliki spesifikasi komputer minim? Tentu harus bisa bersabar untuk menghadapi betapa lemotnya Windows, terutama saat membuka aplikasi yang banyak memakan memori. Microsoft jelas memiliki solusi untuk permasalahan ini, dalam Windows 7 sudah disediakan fitur ReadyBoost agar sistem bisa menjadikan perangkat USB seperti Flashdisk sebagai "memory" cadangan yang bisa dipinjam oleh Windows jika dibutuhkan.

Menggunakan Flashdisk Sebagai ReadyBoost.

Untuk menggunakan flashdisk sebagai ReadyBoost itu cukup mudah. Saat muncul dialog window autoplay pada waktu Anda menancapkan Flashdisk, aktifkan fiturReadyBoost pada pilihan yang sudah tersedia. Dengan begitu, flashdisk secara otomatis akan menjadi ReadyBoost.

Atau dengan cara lain melalui klik kanan perangkat flashdisk yang ada pada Windows Explorer > properties > tab ReadyBoost. Untuk mengaktifkan ReadyBoost pada flashdisk, pilih Use this device. Dedicated this device to ReadyBoost dipilih jika Sobat ingin menggunakan flashdisk sebagai ReadyBoost untuk seterusnya tanpa harus melakukan konfigurasi lagi. 
Memilih Use Readyboost

Sobat bisa menentukan berapa jumlah space flashdisk yang digunakan untuk fitur ReadyBoost. Tapi sebaiknya biarkan Windows sendiri yang menentukan ukuran idealnya. Mengaktifkan ReadyBoost mengakibatkan kapasitas flashdisk Sobat penuh. Apabila Sobat ingin menonaktifkannya kembali, pilih bagian Do not use this device.
Menonaktifkan Readyboost

Tips Memilih Flashdisk untuk ReadyBoost
  1. Pergunakan flashdisk yang berukuran di atas 1GB agar ReadyBoost lebih optimal.
  2. Idealnya, space flashdisk yang digunakan sebagai ReadyBoost adalah dua kali dari RAM. Misalkan komputer Anda memiliki RAM 1GB, maka sebaiknya space flashdisk yang tersedia adalah 2GB atau lebih. Tergantung seberapa besar komputer memakai memori, semakin banyak program yang dibuka maka akan lebih banyak memakai memori.
  3. Untuk performa terbaik memang disarankan menggunakan flashdisk berukuran 2 – 4GB. Kita bisa menggunakan maksimal hingga 32GB pada setiap removable media untuk ReadyBoost, dan total 256GB per komputer (8 x 32GB).
  4. Flashdisk yang digunakan harus mendukung USB 2.0 atau lebih tinggi, dan ReadyBoost bekerja lebih baik jika flashdisk langsung terhubung dengan USB port daripada menggunakan USB Hub atau ekstensi lainnya.
  5. Cek apakah flashdisk kita mendukung teknologi ReadyBoost. Biasanya pihak manufacturer menampilkan tanda “Enhaced for ReadyBoost” atau semacamnya pada bungkus flashdisk. Jika tidak ada, mungkin bisa dipakai sebagai ReadyBoost atau tidak. Ada pesan warning jika flashdisk Sobat tidak bisa digunakan sebagai ReadyBoost.
Itu dia tips untuk mempercepat kinerja Windows menggunakan fitur ReadyBoost. Semoga berguna khususnya yang memiliki RAM terbatas namun tingkat pekerjaan yang cukup tinggi.

Semoga Bermanfaat (^_^)
Load disqus comments

0 komentar

loading...
close
close